(4) Negeri di atas Cahaya, Tahukah Anda ?

Dalam beberapa bulan terakhir ini Enrekang ramai dikunjungi wisatawan lokal dari daerah Ajatappareng dan sekitarnya. Tepatnya di daerah Anggeraja. Penyebabnya adalah spot wisata kekinian dari penampakan ribuan lampu-lampu indah nan memukau yang seakan-akan membawa kita ke dalam suasana dunia peri di negeri dongeng. Penampakan lampu-lampu itu ternyata berasal dari kebun bawang milik warga.

Namun apa sebenarnya fungsi dan seberapa efektif penggunaan lampu-lampu tersebut bagi tanaman bawang merah? Ternyata lampu itu digunakan untuk menjaga agar hama kupu-kupu tidak merusak tanaman bawang mereka. Pengunaan lampu-lampu ini mampu mereduksi pengeluaran dan biaya untuk pestisida hingga 40 sampai 50 persen. Sebelum adanya inovasi penggunaan lampu tersebut petani harus melakukan penyemprotan pestisida dua kali sehari dengan dosis tinggi yakni pada pagi dan sore hari untuk usir hama. Namun, setelah adanya penggunaan lampu tersebut, petani tak perlu lagi melakukan penyemprotan setiap hari. Penyemprotan hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja itupun dengan dosis rendah.

Ada dua warna lampu penjerat hama atau light trap yang digunakan petani bawang merah di Kecamatan Anggeraja yakni warna kuning dan warna ungu. Lampu warna kuning berfungsi untuk mengusir hama dan ditempatkan di tengah lahan. Sementara lampu warna ungu ditempatkan di pinggir lahan berfungsi untuk menangkap hama.

Tak tanggung-tanggung warga yang memiliki lokasi kebun bawang yang jauh dari rumahnya berani memasang meteran PLN hanya untuk menjaga agar kebun mereka terhindar dari hama kupu-kupu malam.

Untuk menyaksikan panorama malam yang mempesona ini ada beberapa spot kemping di perbukitan terbuka yakni kawasan Buntu Sumbang, Bukit Cekong, Puncak Batu Noni, Puncak Tebing Mandu (tontonan) dan Puncak Lakawan di Kecamatan Anggeraja.

Tak perlu khawatir jika Anda berencana kemping ceria di salah satu spot di atas. Jika tak memiliki atau membawa peralatan kemping tersedia beberapa tempat penyewaan alat outdoor yang cukup lengkap di Enrekang, salah satunya adalah NR-Adventure yang terletak di kompleks pasar Cakke, Anggeraja.

Tak hanya di ketinggian saja pemandangan lampu-lampu ini bisa disaksikan. Jika berkendara dari arah Makassar menuju Tana Toraja, Anda bisa melihat panorama lampu-lampu ini saat memasuki daerah Lamba-Doko sebelum memasuki Pasar Cakke hingga mendekati Pasar Sudu, Alla, Enrekang.

Sumber : Suharso Syam – d’travelers & tribunenrekang.com

berbagiilmu#budayakontenlokalenrekang

Coretan Ismaya pada 31 Januari 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *