(2) Dangke, Tahukah anda?

Bahwa di indonesia terdapat beberapa jenis keju yang sangat enak tak kalah dengan buatan keju terbaik dunia yang berasal dari belanda dan italia seperti keju indrakila boyolali yang di proses pada tahun 2009, keju natura sukabumi yang di produksi pada 1999, keju lembang bandung dimana usaha skala mikro ini didirikan pada tahun 2013, dan keju trie’s cheese depok dimana usaha skala rumahan ini didirikan pada tahun 2010.

Dari beberapa pembuatan dan produksi keju yang telah diketahui ternyata ada keju yang diproses secara alami dalam pembuatannya yaitu DANGKE nama keju buatan masyarakat MASSEREMPULU ENREKANG Provinsi Sulawesi Selatan yang terbilang sangat alami dan telah ada pada zaman penjajahan belanda. Asal usul kata Dangke ini dari penggalan bahasa belanda yaitu Dank U wel yang berarti terima kasih.

Pembuatan keju lokal ini tepatnya diproduksi oleh masyarakat di Dusun Rante Limbong, Kecamatan Curio dan Bolang di Kecamatan Malua, serta ada juga di desa Pinang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, dimana proses pembuatannya dengan menggunakan alat masak tradisional yaitu kayu bakar dan dari kotoran sapi yang diproses menjadi biogas.

Keju Dangke ini merupakan makanan khas yang berbahan baku utama susu sapi dan kerbau yang telah melalui proses pembekuan secara tradisional dan alami. Proses penggumpalan susu dilakukan dengan menggunakan daun dan getah pepaya. Secara alamiah, enzim daun dan getah pepaya mengubah susu menjadi padat setelah terjadi pemisahan antara protein dan air, dimana keju ini di klaim mengandung zat betakaroten yang didalamnya terdapat vitamin A, dimana manfaat betakaroten yang diulas oleh dokter asal Amerika Serikat, dr. Johs Axe, sebagai berikut:

Memiliki antioksidan yang kuat

Betakaroten ini memiliki kegiatan antioksidan yang dihargai, karena kemampuan mereka untuk mencegah penyakit kronis. Mereka melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak, yang menjadi penyebab utama penuaan dan degenerasi serta kekebalan kulit dan mata.

Mendukung kehamilan sehat

American Pediatrics Association menyebutkan vitamin A sebagai salah satu vitamin yang paling penting selama kehamilan dan saat menyusui. Vitamin A ini memainkan peran penting dalam perkembangan yang sehat dari janin dan bayi baru lahir. Yaitu, perkembangan paru-paru. Vitamin A juga diperlukan bayi dan balita untuk membangun sistem kekebalan yang kuat.

Secara logis bisa saja Negara Belanda pernah belajar membuat Keju alami ini (danke) dari masyarakat enrekang sejak dulu kala. Maybe.

berbagiilmu #budayakontenlokalenrekang

Coretan : 29 Januari 2021
By : Ismaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *