Tingkatkan Literasi Mahasiswa, Kaprodi Ini Bagikan Buku Koleksinya Secara Gratis

ENREKANG, Umaspul.ac.id — Program studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen) membagikan Buku Panduan Manajemen Perpustakaan gratis kepada mahasiswanya di Taman baca bawah pohon, Kampus II Unimen, Enrekang, Senin (4/1/2021).

Buku panduan ini memuat materi tentang manajemen perpustakaan yang meliputi: pengembangan koleksi, katalogisasi, klasifikasi, perawatan bahan pustaka, penyiangan, dan pelayanan bahan pustaka.

Pembagian buku ini di lakukan mengingat masih adanya pandemi, sehingga mahasiswa tidak dapat mencari buku panduan ke toko buku yang hanya ada di Makassar.

Kaprodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Ismaya, S.I.P., M.IP. mengatakan, dengan di bagikannya buku ini, agar mahasiswa memiliki buku pegangan terkait perpustakaan dan informasi.

“Karena tidak semua yang ada d internet mampu menjawab kebutuhan informasi mahasiswa,” ujar Ismaya dengan singkat.

Prodi perpustakaan dan sains informasi ini merupakan prodi yang baru terbuka pada tahun 2020, yang diharapkan nantinya bisa menunjukkan jati diri sebagai angkatan pertama dan berharap mereka semua menjadi tenaga – tenaga pustakawan yang profesional dan mampu berkarya di lapangan untuk meningkatkan daya literasi masyarakat.

Dia juga berharap buku panduan tersebut mampu membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas MK mereka. Dan sekaligus sebagai buku panduan bagaimana mengelola perpustakaan dan informasi secara baik dan benar serta profesional.

“Insyaallah kedepannya, prodi ini akan menjadi tombak sumber informasi untuk Unimen secara khusus dan Enrekang pada umumnya,” tambah Ismaya yang juga Mahasiswa s3 UIN Alauddin Makassar ini.

Selain membagi buku Panduan Manajemen Perpustakaan, juga mendiskusikan tentang rencana pendirian Himpunan Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sain Informasi (HIMAPSI) Unimen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *