Program Kuliah Gratis Universitas Muhammadiyah Enrekang

Enrekang, umenrekang.ac.id — Saat ini masa pendaftaran mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi sudah dibuka tidak terkecuali Universitas Muhammadiyah Enrekang (UM Enrekang).

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Enrekang, UM Enrekang tengah gencar melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru kepada para lulusan Sekolah Menengah Atas atau pun masyarakat umum.

Untuk itu, UM Enrekang akan meluncurkan Program Kuliah Gratis bagi calon mahasiswanya. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UM Enrekang, Saidang.

Menurut Saidang, ada 4 program gratis yang akan kita berikan kepada calon mahasiswa.

Yang pertama, gratis uang pendaftaran, kedua gratis SPP selama 2 semester bagi calon mahasiswa yang memperoleh rekomendasi dari Pimpinan Daerah atau Pimpinan Cabang Muhammadiyah,” ujarnya.

Ketiga, sambung Saidang calon mahasiswa juga akan digratiskan SPP selama kuliah di UM Enrekang bagi calon mahasiswa penghafal Al Qur`an minimal 5 Juz.

Selanjutnya, calon mahasiswa juga akan diberikan subsidi biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Calon mahasiswa pemegang KIP atau KIS akan diberikan subsidi biaya kuliah melalui KIP Kuliah. Ini merupakan merupakan program dari Pemerintah Pusat,” jelas Saidang.

Sementara itu Plt. Rektor UM Enrekang, Yunus Busa menjelaskan bagi calon mahasiswa yang memiliki KIP atau pun KIS akan difasilitasi untuk mendapatkan beasiswa melalui program KIP Kuliah.

“Sesuai petunjuk dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. saat melakukan meeting via online bersama Pimpinan dan dosen UM Enrekang beberapa waktu lalu, beliau meminta kita untuk mendata semua calon mahasiswa baru yang memiliki KIP atau KIS,” kata Yunus, Rabu (8/4/2020).

Prof. Jasruddin juga meminta kami untuk mendata mahasiswa aktif yang saat ini sudah duduk di semester II, lanjutnya.

Semua ini kita data untuk selanjutnya diusulkan ke  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX untuk diuruskan KIP Kuliah nantinya.

Bagi mahasiswa yang resmi sebagai penerima KIP Kuliah akan dibebaskan biaya SPP dan BPP selama 8 semester. Bahkan, bukan hanya dibebaskan SPP dan BPP mereka juga akan memperoleh biaya hidup bulanan, tandas Yunus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *