STKIP Muhammadiyah Enrekang Jadi Tuan Rumah Refreshing Da`i dan Pelatihan Muballigh PWM Sulsel

Enrekang, ummaspul.ac.id — Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan menggelar Refreshing Da`i dan Pelatihan Muballigh untuk warga persyarikatan Muhammadiyah Sulawesi Selatan khususnya daerah Rayon III, Jum`at (14/2/2020).

Menurut Dahlan Lama Bawa selaku Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, tema sentral yang diusung dalam kegiatan Refreshing Da`i dan Pelatihan Muballigh adalah “Selamatkan Ummat”.

“Tema ini biasa kita dengar, namun untuk momentum kali ini, kalimat ini menjadi berat dan butuh ikhtiar yang serius agar kalimat ini bisa ditegakkan,” ujarnya.

Dia mengutif firman Allah tentang urgensinya membentuk generasi yang kuat dan tidak meninggalkan generasi yang lemah

“Saat ini kita berhadapan dengan fenomena lahirnya generasi yang lemah yaitu para generasi syubhat dan syahwat,” sambungnya.

Menurutnya, generasi syubhat adalah generasi yang banyak melaksanakan pelanggaran hukum, sedangkan generasi syahwat adalah mereka yang banyak meninggalkan perintah Allah misalnya sholat.

Selain itu juga ada ancaman modern seperti narkoba, korupsi, perzinahan, premanisme, radikalisme, pornografi dan semacamnya, ini sudah termasuk patologi sosial. Termasuk juga maraknya produksi hoax yang menjadi tren bagi generasi millenial saat ini, jelas alumnus Program Doktor UIN Alauddin Makassar.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang, Yunus Busa menjelaskan bahwa ditempatkannya STKIP Muhammadiyah Enrekang sebagai tuan rumah adalah ajang latihan menghadapi Musyawarah Wilayah (Musywil) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan tahun 2020.

“Kesempatan ini kami jadikan sebagai ajang latihan menyambut momentum Musywil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan ke-40 yang dipusatkan di Kabupaten Enrekang pada bulan November 2020 mendatang,” kata Yunus.

Refreshing Da`i dan Pelatihan Muballigh yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 14-16 Februari 2020 diikuti oleh 200 orang kader dan simpatisan Muhammadiyah dari wilayah Rayon III yang meliputi 7 kabupaten/kota yakni Kabupaten Enrekang, Sidrap, Wajo, Pinrang, Tana Toraja, Toraja Utara dan Kota Parepare.

Adapun Tim Instruktur yang bertugas adalah Dr. Dahlan Lama Bawa, M.Ag. (MoT), Drs. H. Amiruddin Bakri (Vice of Master) dan Dr. KH. Abbas Baco Miro, Lc.,MA. (Imamah Training). Sedangkan anggota Tim Instruktur adalah Ardi Rumallang, SP.,M.M, Dr. Arifuddin Tike, M.Sos.I, Dr. Ir. Nurdin Mappa, MM, dan M. Amin Umar, S.Ag.,M.Pd.I. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *